Sunday, August 28, 2011

Kasir

Waktu kemaren gue jalan ke mol buat beli sempak baru, gue kaget liat pengunjung yang sumpah, anjir, banyak banget..

Hiruk pikuk dimana-mana, gak terkecuali di antrean kasir.

"Ah, bego banget nih si Kasir, lemot, antrean jadi panjang gini..", seorang ibu di antrean samping gue nyerocos mem-babi buta, ato dalam kasus ini, meng-ibu buta.

Gue ngeliat ke ibu itu, matanya melotot kemana-mana. Horor.

Si Ibu itu gak berhenti nyerocos, kayak mercon Las Vegas. Si Kasir jadi sasaran amuk secara verbal. Kasihan.

Gue, sebagai mantan kasir dan sebagai calon legislatif Partai Kasir Imut Seluruh Indonesia tentu aja gak bisa tinggal diam.

Gue harus melakukan sesuatu.

KASIR JUGA MANUSIA, JENDRAL..

"Ah, kasir bego nih..gak tau apa orang udah gerah..", kali ini si Ibu ngomong ke gue.

Inilah saatnya gue angkat bicara, gue harus ngasih tau si Ibu kalo dia udah kelewatan. Gue harus membela kaum gue.

"BEGO KAN ??", dia ngelirik ke gue.

Sudah cukup. Gue harus membela kebenaran. Dan dengan satu tarikan napas, gue pun angkat bicara, "Hhehee..iya bu, kasirnya bego, saya juga sudah gerah nih, mana Shireen udah mau nikah sama si Wisnu..", sambil senyum mesum. Pahlawan abis.

Si Ibu itu cuman melongo, mungkin dia bingung kenapa gue harus bawa-bawa Shireen. Gue juga bingung.

15 menit kemudian, 10 menitnya sambil jongkok lesehan, gue pun akhirnya terbebas dari antrean. Si Ibu itu udah gak ngoceh lagi. Pasti batrenya udah soak.

*******************************

Sebagaimana yang gue saksikan di lapangan (halaahh), banyak kaum gue (baca: kasir) yang mengalami kekerasan secara psikologis sampe mereka harus ngemut jamban sepulang dirumah. Karena itu gue sebagai caleg Partai Kasir Imut Seluruh Indonesia, akan memberikan tips trik, wejangan Maha Dahsyat kepada seluruh pelanggan, cara menghadapi kasir yang baik, benar,  asik dan fungky.

1. Jika Anda lelah berdiri mengantre.

Berapa lama Anda berdiri ?? 15 menit ? setengah jam ? Percayalah, si Kasir berdiri 10 kali lebih lama daripada Anda. BAYANGKAN.. 10 KALI.. (kalo gak bisa bayangin, yah gak apa apa juga.) Dan bukan cuman berdiri, tapi harus nginput barang, dll. Mereka lebih capek. Tapi mereka kan emang digaji buat itu ? Iya,  tapi mereka gak digaji buat dimarahin. Jadi jangan marahin si Kasir. Cara terbaik mengatasi situasi ini adalah dengan ngajakin orang lain kenalan, trus ngomongin gosip yang masih anget, om Nazaruddin misalnya. Bisa juga dilakukan sambil lesehan, pake gelar tiker juga gak masalah.

2. Recehan ?? Lebih baik..

Salah satu kebiasan orang kalo lagi di kasir adalah : mereka amat sangat gengsi buat bayar pake recehan. Biasanya mereka ngambil duit paling gede buat dikasih ke kasir. Biar tajirnya keliatan ?? Kalo ada recehan, bayarlah pake recehan, ato sebisa mungkin pake uang pas. FYI, seorang kasir amat sangat membutuhkan yang namanya recehan. Bayangin aja kalo yang dalem mesin kasir isinya duit gocap sama cepe semua, gak ada duit seceng ato goceng, orang mau dikasih kembalian apa ?? Pernah waktu gue ngasir, ada ibu-ibu yang belanjanya 300ribu, dan dia bayar pake duit seceng dan gope. Fantastis.

3. Smile :)

Ada 2 moment paling menyenangkan bagi orang berprofesi sebagai kasir : 1. Saat gajian. 2. Saat pelanggannya senyum trus bilang "Makasiiihhh...". Jadi, saat Anda udah bayar, senyumlah sama si Kasir. Percaya ato gak, saat banyak pelanggan yang lain ngeluh ato marah-marah, satu senyuman bagaikan oase di padang pasir yang gersang #eeeeaaaaaaaaaa


Nah, demikianlah wejangan mahadahsyat dari gue sebagai caleg PKISI.

Dan buat seluruh kasir dan keluarga di seluruh Indonesia. Jangan lupa dukung gue yah..

Hidup kasir..

Hidup kasir..

Hidup ibu-ibu hamil..

Hidup..

*******************************

Oh ya.. karena bentar lagi lebaran, pengen ngucapin..
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR BATIN

Gue, Nurul Taufiq Kurnia, Si Gembel Bodoh, Opi, mohon maap yang sebesar-besarnya, baik kesalahan yang disengaja, maupun yang AMAT SANGAT disengaja.

Udahan dulu ye, gue pengen ngelanjutin masak ketupat.

Salam Gembel.. :*

21 comments:

Saiaenno said...

adek cowo gua juga masih jadi kasir pi... w jadi inget dia.. hahaha

mana sering nombok lagi tu anak,, begoo ade gue mah.. hahahaha :P

tapi ade gue gamteng ci.. jd kalo lama juga kayaknya ngga bakal kena semprot tante2.. hehehe :P

hidup kasiiir!

Saiaenno said...

oia lupa gue...


minal aidin walfaidzin juga ya opi... :D


met lebaran.. *walopun bulannya masih ogah muncul* hahaha

John Terro said...

sepertinya kamu bakat jadi pelatih kasir
tahu banget keadaan psikis si kasir :D

Claude C Kenni said...

Wah hebat, lu sangat mengerti perasaan seorang kasir ya. Gua juga selama jaga toko jadi kasir nih, penuh darah dan air mata, terutama ngeladenin orang2 yg nawar dengan cara pura2 tuli

"Seratus empat puluh ribu, mbak"

"Apa? Empat ribu?"

"...."

Adryan Nurdien said...

mending ngasih pelatihan buat kasir aja kalo gitu pi.. ahahah... :P

NuellubiS said...

yang nomor 4 mungkin dia mau mecahin duit kali. uangnya 50ribu mau dipecah jadi receh. mungkin dia butuh buat apa gitu sama uang receh. gw juga seringg gitu koq. Hehehehe

Amanda Martadinata said...

Wah, aku malah beberapa kali dianiaya ama kasir huhu. Aku udah ramah, senyum, bilang makasih, eh... doi jutek -_____-"

Oya, maaf lahir batin juga yaa opi :)
met lebaran ;D

Uchank said...

ngomongin kasir jadi ingat deh sama mbak kasirnya gramedia yang di mal ratu indah.
cakep eyy (jaga mata jaga mata)

Minal aidin juga :) (senyum termanis nih )

[L]ain said...

nggak apdol tuh ibu2 puasanya, ngatain orang mulu. Padahal bisa sekalian belajar sabar tuh.

Inez said...

Minal aidin walfaidzin..!
Stuju sm Nuel! Gw sering tuh mecah duit buat nyari receh! Biar bisa bayar angkot pake harga pasar! XD

t h y a said...

setiap pekerjaan pasti ada suka duka nya. semangat!!
oiya.. minal aidzin walfaidzin jugaaa... :D

Febriasop said...

Eeeeh maapin saya juga ya, maap lahir batin... :)

KoskakiUngu said...

huohuohuo, mahhap lahir bathin juga yuuun.......
pikow kerumahku eeee, tapi bawa kow kuemu nah... gahahahah

(murdok itu pejantan tangguhku=kucing)

KoskakiUngu said...

eh tolking2 soal kasir, se paling nda suka kalo na kasi kembali pake golla2, ndedeh na cini bocahki kapang suka makam golla2 ==a
pernah are temanku na baleki itu kasir langganannya, na bayar pake golla2. *ngakak* masi inginkow...hihihi

*tenang2 suka jeka se senyum sama kasir gang, apalagi kalo berondong2 berhadiah....gahahahaha *lale miseng

Fiction's World said...

harus berpikir bagaimana kalau kita yang ada diposisi kasir ya supaya gg bawel apalagi ngomong kasar.

mohon maaf lahir dan batin ya :)

Belo Elbetawi said...

Tipsnya oke banget mamen... senyum adalah hal yang paling mudah, tapi jarang di lakuin apalagi kalo lagi bete nunggu antrian..

untung...gue kaga ngedumel kalo lagi ngantri bayar di kasir..:)

arqu3fiq said...

Iya juga sih, kadang ibu-ibu nggak ngerti kalau kasir tuh kerjanya sangat berat. Alhamdulillah gue nggak pernah marah-marah sama tuh kasir, paling-paling cuman gue omelin pas tiba giliran gue bayar.

DewiFatma said...

Udah mau lebaran haji nih, Pi.. Kok lom ada postingan lagi?

Eh iya, maap lahir batin juga ya, Pi. Meski aku tau aku gak punya salah sama Opi.

Hidup Kasir seluruh Indonesia!

Nafarin Muhammad said...

Lucu bang gaya nulis lu..
Gue juga calon kasir nih .. aduhh.. gue jadi deg2an.. takut di marahin sama ibu2..

Unknown said...

Marah2 sama ngomelin apa bedanya yak :v

Tuan Puteri Berkelana said...

Marah2 sama ngomelin apa bedanya yak :v