Sunday, July 3, 2011

Ini di Toraja , Day I

"Jangan lupa bawa celana dalem, Pii..", kata Nyokap sambil ngaduk-ngaduk cucian.

"Sudah Maa, sudah masuk dalem tas.".

Ransel gue udah siap. Gue pun udah rapih, wangi, necis, manis, dan amis.

Ada satu mata kuliah di kampus, namanya Ilmu Sosial Budaya Dasar. Nah buat finalnya, kita dapet tugas buat meneliti tentang kebudayaan Indonesia yang unik-unik. Kalo cuman mau tau budaya suatu daerah sih sebenernya gampang, tinggal nyari di mbah gugel aja. Tapi ini kan sekalian liburan. Ayee.. Rencana awalnya sih pengen ke Bali, tapi karena kejauhan dan ongkos yang kemahalan (terlebih buat gue), akhirnya kita memilih yang deket-deket aja. Karena kampus kita ada di Makassar, jadi kita milih daerah yang ada di daerah Sulawesi Selatan.

Dan daerah yang sangat gak beruntung buat kita kunjungi itu adalah, Tana Toraja.

Blom pernah denger ?? Itu loh, daerah yang terkenal dengan rumah adat Tongkonannya. Gak tau tongkonan itu yang kayak gimana ?? Entar dehh..

Jadi kita diinstruksikan buat ngumpul dikampus jam 8 pagi, kampretnya, bus yang bakalan kita tumpangi baru datang jam 10. Terpaksa kita harus ngegembel dan telantar kurang lebih 2 jam. Kunyug.

meskipun galau nunggu, tetep poto-poto.

Setelah hampir lumutan nunggu , akhirnya bus datang juga. Ada 3 bus ukuran sedang.

Masalahnya, kita ada 96 orang. Artinya dalem 1 bus ada sekitar 30an orang. Padahal seharusnya cuman 20an. Damn. Malapetaka. Gue yang ceking ini bakalan megap-megap, susah napas, tergencet di dalam bus jahanam ini. Selama 9 jam.

SEMBILAN JAM.

Tapi gue gak jadi megap-megap. Pas masuk dalem bus, gue langsung beringas nyari tempat, ngangkang selebar-lebarnya, sambil membuat gesture yang seolah-olah bilang, "Ini lapak gue, LAPAK GUE..".

Ya, emang gak ada yang bisa ngalahin naluri seorang makhluk untuk bertahan hidup, kawan-kawan.

Oh iya, bus yang gue tumpangin itu namanya Vernando. Canggih. Mirip pemain telenovela aja yah.

Vernando, bus kebanggan kite bersama..


Pewe dalem bus, hal yang selanjutnya gue pikirin adalah : 

Apa yang bakalan gue lakuin dalem bus ini selama 8  jam kedepan.

Mau ngemil, gue yakin, sekali buka cemilan, baru nyomot sekali, pasti bakalan habis seketika dikerubungin massa. Mau molor, gak ngantuk.

Temen-temen gue sih pada nyanyi dibelakang bus. Ato lebih tepatnya, tereak-tereak, “DISANA SENANG, DISINI SENANG, LALALALALALAAA…”

Gue mikirnya sih,  kalian kan udah mahasiswa, kalem dikit napah. Tereak-tereak kayak manggil setan. Norak banget.

Lima detik kemudian, gue ikutan tereak-tereak. Ayeee…..“DISANA SENANG, DISINI SENANG, LALALALALALAAA…”

Kita baru nyampe di tujuan pas udah jam 9 malem. Sampe di sana, pantat gue yang tadinya six pack berubah drastis. Tepos. Mirip talenan, cuman dibolongin tengahnya.

Waktunya makan malam. Sebenernya acara makan adalah masalah yang cukup bikin parno. No offense, bukannya apa ya, ini daerah non muslim. Banyak orang yang melihara babi. Tadi aja dijalan banyak yang jualan bakso babi. Yah, you know exactly what I mean lah.

Jadi pas yang punya penginapan udah nyiapin makanan dan nyuruh kita makan, temen gue ada yang bisik-bisik, 

“Pii, ini makanannya apaan ?? Babi rica-rica, bukan ??”.

“Babi tumis asam manis..”, gue jawab asal.

Kita gak jadi makan babi rica-rica. Jadinya cuman ayam rica-rica. Kita pun makan dengan lahap. Hati senang, gembira riang.

Kata dosen gue sih, kita gak perlu khawatir. Soalnya masyarakat disini tuh menjunjung tinggi banget toleransi antar umat beragama. Jadi kita yah gak mungkin dikasih makan babi. Kecuali kalo tuh orang hilap.

Habis makan, saatnya tidur, gue kebagian kamar yang gede. Ada 9 tempat tidur dalemnya. Tapi kampretnya, kamar tuh harus diisi sama 15 orang. Oohh, gue gak bisa terima donk. Pas pintu kamar dibuka, gue langsung beringas lagi. Akhirnya gue kebagian satu tempat tidur sendiri. Ayeee..

Kita mesti istirahat. Besok kita bakalan outdoor seharian. Gak butuh waktu lama sampe gue bener-bener tepar.

Malam itu, gue mimpiin Agnes Monica.





Lanjut ke Day II, kalo gue sempet.

22 comments:

Inggit Inggit Semut said...

Haiz! Ngangkangnya jangan lebar lebar ah. Bau! Lagian apa gak takut ada yg terbang? Buakakakak

Brainless~ said...

wkwkwkw, ngangkang itu pilihan utama untuk bertahan hidup di perjalanan jauh! Akhirnya aku menemukan teman seperguruan! *kyaaa kyaa~

wkwkwkw, banyakin foto dong opi, kan katanya 1 gambar mewakili 1000 kata, dan aku males baca kalo kepanjangan, wkwkwkwkw

FUNNY STORI AS ALWEIS MAMEN!!! >:D

Fiction's World said...

wah jauh juga ya sampai sembilan perjalanan begitu :O
tapi seru tuh, secara di tv adat di tanah toraja aneh-aneh gitu

Siti Nurul Falah said...

wahh, asik ya ka, lagi beruntung. kebagian lapak enak, kebagian kasur sendiri, hehehe

Adryan Nurdien said...

kuliah sambil jalan2.. ditunggu ceritanya pi.. :D

Belo Elbetawi said...

ternyate.. Opi kalo cari lapak paling beringasss... satu hati dah ma gue, paling suka ngangkang.. #aiiihhh....

rido smille said...

waah kalo lagi cape gampang banget tidur ya,, sampe mimpi'in agnes monica lagi haha...

eko tri said...

enaknya bisa ke indo timur :(
pengen :(

Tukang Pamer said...

wkwkwk..
liar sekali..haha
aku paling gak ahli kalo disuruh begitu..hmmm
oia, aku bikin komik lho..tp blum slese..hehe

affie9 said...

ck ck ck.. mimpiin agnes diaa...

Riska mbem said...

Ebuset. cekatan sekali kao bang. Slalu ingin mendahului yang laen. hahaha

Kalo aku mah mesti yang paling akhir huhuhuhu. Ntar kalo mau tour, aku ngikut caramu ah ngehehehe

Aina said...

haduhhh gak kebayang busnya ditetel-tetel gitu.... gak ada yang pingsan kan????

Eel Pecidasase said...

Wuiih.. TOraja yang terkenal dengan Kuburan batu itu?

Bearti arah Manado donk? kemarin liat di TV mereka suka makan tikus lho... hewan2 yg mnurut gue menjijikan mereka santap..

Audrey R. Subrata said...

Wakakakakakakk ngapain malemnya mimpiin Agnes Monica *ngakak*

Gaphe said...

seru banget siih Pi?.. kuliah ke Toraja gitu.. lah saya yang kerjaannya bolak-balik ke Makassar malah belom pernah ke Toraja sama sekali.

aksesnya susah siiih.. dan soal waktu juga nggak dapet. huhuhu. *mupeng*

Sang Cerpenis bercerita said...

biasa. kalo bus ngaret mah..makanya kudu datang rada telat.hehhee

nita said...

seru skali ceritanya dan cepet banget kamu kalo masalah ngetekin tempat ya ha..ha.. ditunggu crt selanjutna :)

NuellubiS said...

hihihi... itu makanan favorit gw tuh babi. :D

#nooffense

Muhammad A Vip said...

gak jadi makan babi rica-rica ketemu agnes monika, sial lu.

Eks said...

walah. itu emak loe. malah yang disruh bawa sempak... wkwkwkwk...

t h y a said...

kasian agnes monica nyaaa. dimimpiin sama orang macem... emm.. no comment lahh. hahaha :D

nonasan said...

haaaa mau doong ke Toraja jalan jalan putu putu :(
kasian banget ya Agnes Monica di mimpiin Ka Opi :P