Saturday, July 9, 2011

Ini di Toraja, Day II

"Ini penelitian, liburan, ato mau ziarah kubur ??"

 * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

 Gue ngelirik kertas jadwal. Disitu tertulis ada 4 tempat yang bakal kita kunjungi.


1. Kete'kesu
2. Londa
3. Lemo
4. Kambira


Nama-nama yang antik banget.


Gue iseng nanya ke temen gue yang asli Toraja.


"Kete'kesu tuh apaan, El ? , ada hubungan apa dengan ketek ?, gue nanya.


"Itu tempatnya rumah tongkonan, ada kuburannya juga..", si Ello jawab kalem.


"Hooo, kalo Londa ?"


"Kuburan juga.."


"Kalo..."


,blom selesai gue nanya, Ello langsung nyerocos, "Kuburan, semuanya kuburan, Piii.."


Mampus. Semuanya kuburan.


SEMUANYA KUBURAN !!!!!


"Jadi ceritanya kita jauh-jauh kesini cuman buat ziarah kubur ??"


Si Ello cuman senyam-senyum.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

1. Kete'kesu

Disini tempat ngumpulnya Tongkonan dari jaman baheula. Saking jadulnya, atap-atap nih rumah udah pada lumutan. Tongkonan itu, rumah adatnya daerah Toraja ini. Rumah ini juga jadi rumah adat khasnya provinsi Sulawesi Selatan.

Tongkonan lumutan..

Buat keperluan penelitian, dan biar kita kaga nyasar, kita nyewa guide, namanya pak Baso..

segerombolan anggota sirkus lagi ngerubungin pak Baso..
Di kete'kesu ini, ada daerah pekuburan juga, tapi jangan kira kalo daerah pekuburan disini bakalan berupa gundukan tanah yang ada nisannya..di daerah ini, cara dikuburnya yaitu peti mayatnya di angkat ke atas tebing..hadeehh.canggihh..


banyak tulang-tulang berserakan..


Selaen tulang-tulang, banyak juga recehan berserakan, mungkin buat sesajen kali yah..

Waww..sangat menggiurkan, gue harus sekuat tenaga menahan hasrat gembel buat gak mungutin tuh recehan..

Di Toraja ini, setiap pekuburan pasti punya yang namanya Tau-tau, ato patung orang yang udah meninggal..

rada serem juga sih..

Dan tiada kesan tanpa poto-poto..

GEMBELL NARSIS

Selain kuburan kuburan yang ngegantung, ada juga bentuknya kayak Sarkofagus..


Pas kepingin balik, siap-siap buat tempat berikutnya, kita ketemu sama bule.. Temen-temen gue langsung beringas..

"MISSSTEEERRRRRR.......MINTA POTOOOO.....!!!!!!!!"

 
Itu cuman temen-temen gue, kalo gue mah ogah poto bareng Bule...bukannya apa., kalo poto bareng si Bule keliatan kinclongnya, kalo gue malah keliatan gembelnya..

Setelah puas menzalimi para bule, kita pun berangkat ke lokasi ke 2..

2. Londa

Pas turun dari bus, kita disambut oleh seekor makhluk yang sangat menggemaskan.

Tedong
Tedong ini sejenis kerbau lah, tapi lebih gede..dianggep sebagai makhluk yang ningrat, dianggap sakral. Bahkan tedong ini juga punya tingkatan kasta. Tedong yang ini, kasta paling rendah, karena bulunya item semua.

YANG MOTRET GAK ADA KERJAAN



Temen-temen gue sempeeet-sempetnya poto bareng..


Daerah ini terkenal dengan kuburan yang ada dalem goa. Jadi di daerah ini, sistem pekuburannya yaitu cuman
dengan masukin mayat beserta peti-petinya ke dalem goa. Lebih simple dari yang di Kete'kesu.


Kata guidenya, di dalem nih gua ada mayat yang masih baru, 3 bulan umurnya....Rada serem juga sih motretnya, tapi gak apalah..

Mayat 3 bulanan dalem goa..

Mayatnya masih utuh ya?? itu karena katanya di kasih formalin..katanya, sebelum masuk disini nih, mayat sudah ditaro dirumah dulu selama setaon lebih..

Di Toraja ini, masyarakatnya emang punya kebiasaan buat nyimpan mayat keluarganya dalem rumah, bisa sampe bertahun-tahun..sebelum akhirnya diupacarakan..

Dan di tempat ini juga, ternyata recehan pun gak ketinggalan..



Hasrat gembel gue kembali membuncah..beneran nih ya, seandainya gak takut kualat, mungkin gue udah dapet sampe puluhan ribu..ruaarr biasa..

Seperti biasa, tanpa kesan tanpa poto-poto..


Puas poto-poto, perjalanan lanjut ke tempat ke tiga.. 

3. Lemo

Di tempat ini sekaligus singgah makan siang..disnini juga ada tempat jual suvenir..jadi ada beberapa temen yang singgah buat jajan suvenir dulu..

Gue ?? Cuman nonton..


Selain belanja, ternyata ada juga yang CINLOK..



Okeh, kita tinggalin aja mereka berduaan, lanjut ke acara ziarah kubur penelitian, di sini, pekuburan hampir sama kayak yang di Kete'kesu. adanya diatas tebing. Bedanya kalo di Kete'kesu cuman digelantungin, di Lemo ini, tuh tebing dibolongin sampe seukuran peti matinya. Ribet abis.

yang bolong kotak, itu kuburannya..

Dan, poto-poto lagi..

  

Puas poto-poto dan ngumpulin data..kita lanjut ke tempat terakhir..

4. Kambira

Tempat ini juga disebut Baby Grave, ato Kuburan Bayi..Kuburan disini gak sama kayak yang sebelumnya, yang ditaro di batu. Karena mayat bayi masih kecil, jadi pohon dibolongin, masukin bayinya, trus ditutup pake ijuk. Jadi tempat ini juga disebut Kuburan Pohon..


  
Dan ternyata...kembali ada cinlok disini...


Setelah puas puas melototin tuh pohon..Saatnya buat balik ke penginapan..

Tour ziarah kubur pun, selesai...


* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Sampe di penginapan, udah hampir maghrib..habis sholat dan makan malam, kita ngumpul di ruang tamu buat ngumpulin data-data penelitian...setelah data udah rampung. Kita balik lagi ke kamar masing-masing, siap-siap buat shoppin besok, trus balik ke Makassar.

Malam itu gue insomnia, gue susah tidur, akhirnya gue keluar kamar buat melakukan sebuah kerjaan yang amat sangat memacu adrenalin..

Motretin bayi-bayi Babon lagi tidur dengan pulasnya..

Voila...


Pas ngeliat wajah-wajah mereka, entah kenapa gue jadi ngantuk juga, gue bagaikan terhipnotis (halaahh)..Gue pun meringsut balik ke kamar, ngerangkak naik ke kasur.

Malam itu, gue mimpiin Luna Maya.





Lanjut ke Day III, kalo gue sempet.

29 comments:

Fiction's World said...

waaah ... seru nih kayaknya meski temanya kuburan :P
tongkonan tuh apaan sih ?

^^Nona Enno^^ said...

opi... koq kamu ama "tau-tau" nya ngga ada bedanyah??? hahahahaha

Claude C Kenni said...

Liputan yg menarik...itu mayatnya serem, hiii...ga bau busuk gitu?

affie9 said...

recehannya menggiurkan.. mayatnya menyeramkan.. huaaa..

NuellubiS said...

ambiiiiiiilll duitnyaaaaaaaa..... hahahhaa

[L]ain said...

serem juga yah, ada mayat yang disimpen sampe bertaun-taun dulu dir rumahnya.


itu titit kebo apa punya elu?
ahaha #damai

Putri Baiti Hamzah said...

Ciyehhh...si gembel jalan2 edukasi nih yee :p

Iyaiya,dulu aku pernah nonton acara tv yg bahas tentang istilah-istilah kuburan di toraja gitu..Sekarang jadi inget lagi deh...

Ahheyyy itu recehan menggiurkan ya^^

ria haya said...

toraja ini emang terkenal bgt & unik yach
mo ngubur aja ribet & butuh byk dana

btw, ga ada yg 'ngikut' kamu pulang kan..? hiiiiiiiiiiii

joe said...

hm, sempat sempatnya narsis deh he he...

vitta said...

Yah... Nanti malem mimpi horor deh abis liat foto-foto kuburan...

Eks said...

hauauhauh, titinya gede banget tuh tedong.

I-one said...

untung aja baca postingan kamu pagi hari,klu tengah malam..hihih...

nita said...

Jiaaah serem banget tuh pas kuburan londa, pake kamu ft yang baru 3bln ntu.. huaaaah sereeem. smoga hari ke tiga gak keburan lagi dah..

Celotehan said...

qrain malemnya mimpiin kuntilanak kn abis dr kuburan tuh hiihiii :D

Adryan Nurdien said...

hahaha... aku cuman baca tentang kuburannya di awal2, yang tengah ke akhir malah cuman mbaca tulisan2 aneh2 di foto2nya itu.. hahaha... :P

John Terro said...

menakutkan yah
semua isinya kuburan melulu

Adittya Regas said...

waduh waduhhh parah banget nie kuburan semua -..-!

Eel Pecidasase said...

ngakak bacanya.. mana foto2 nya di kasih Dialog lagi... kereeeeeeen euuuy

nonasan said...

wow seru kali yaa jalan jalan ke kuburan, tapi kok serem serem banget sih itu cara makaminnya. segala di taro di pohon cekacekaceka.
kalo gue ada di situ recehannya mendadak ilang semua kali yaa haha

®obinhut said...

wahahaha.... Numpang ketawa....

Baha Andes said...

pa kareba cest? lama ane ga mampir nih...

Wem ini yg jadi permasalahan yaa...
Ane tanya ya, Apakah disana agama Islam belum masuk? ataukah mereka masih mengikuti jejak nene moyang mereka sehingga pemakanan jenasah silakukan seperti itu.
ko mayat ampe disimpan bertahun2 di rumah.

eko tri said...

wahh, sereeemmm sob. kuburang mulu :D

Belajar Photoshop said...

wow.. masih semped sempednya bernarsis ria nih :p

Muhammad A Vip said...

foto yang paling bawah foto mayat yang sudah berapa lama tuh?

DewiFatma said...

hihihihi... Opiiii... Kamu selalu bisa mengaduk-aduk isi perutku. Aku dikatain gila ama teman kantor gara-gara cekikikan baca postingan si Gembel Bodoh :D

Claude C Kenni said...

Ada PR buat lu nih, hehehe

http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/07/my-kind-of-girl.html

KoskakiUngu said...

diihh, se kira KKN mekoh deh... -__-'
ternyata pigi jekoww pale' poto-poto tetang...ahahaha

potomu di blog mu dengan postingan mu kyaknya beda yunior??? hmmm,, anu... hmm... keknya, tambah keliatan gembel,guhuhuhu ^^v

Odhetz_beLonNe said...

kkkakakaakaak.....
sangt menyangkan membcax. zaiank gua g ikut.

kasin agung msa harus pacaran ma sarjayadi.. hha

arqu3fiq said...

Serem banget.