Friday, November 12, 2010

First Impression dan Para Manusia Ajaib..

"Don't judge a book by the cover"..kata yang amat sangat lazim di lidah dan di telinga orang-orang..n semua orang pasti tau artinya..yaitu "Tidak melakukan hakim sebuah buku oleh sampul" *NGAWURR*...

kalo gitu apa artinya?? yapp, betoll !! (padahal blom ngejawab yeee..)," Jangan menilai sebuah buku dari sampulnya" atau kalo diartikan lebih lanjut akan menjadi "Jangan menilai seseorang hanya dari penampilannya"..dan kenapa pulak seperti itu?? Bukankah ada yang disebut dengan "first impression" ?? ( baca : kesan pertama ), yaitu saat kita melihat orang pertama kali, maka otak kita akan secara otomatis memindai, mengira-ngira segala hal tentang orang yang kita lihat itu. For example, kalo ditengah jalan kita ngeliat seorang cowok pake kemeja rapi lengkap dengan jasnya, rambut mengkilap, sambil nenteng koper, maka otak kita akan memindai orang ntu, dan kita akan berpikir "wuiih,, executive muda tuh.." itulah yang disebut first impression, atau bahasa canggihnya versi gue.."Output dadakan otak yang ngawurr abiiss" kenapa ngawur?? karena otak hanya ngambil input dari satu indera saja.."mata". Siapa yang tau, kalo kalo saja si cowok ntu bukannya eksekutip muda, tapi rampok amatiran yang sok ganteng sok borju nyamar pengen jadi nasabah ke bank, trus yang ada di kopernya bukan duit, tapi petasan aneka bentuk n rasa,.trus pas ntar dah nyampe di bank langsung teriak2 kayak orang abis disunat gak pake bius.."Tiarap semua ..tiarap..gue minta duit...DUIT.."


Whaaaaaa......NGAWURR abiiss, tapi meskipun contoh diatas cuma hiperbola ria..tapi memang seperti itulah efek dari first impression, efek dari menilai sebuah buku hanya dari sampulnya. Kita bisa benar-benar salah jika hanya melihat orang dari sekedar panampilan luar mereka..

Dan gue, gue pun adalah orang yang amat sangat meninggikan first impression pada awalnya, gue hanya menilai seseorang dari bagaimana mereka tampil..sampai,saat gue disadarkan oleh Manusia Manusia Ajaib..yang gue sebut dengan manusia ajaib gak laen gak bukan adalah temen2 gue..Mereka terlihat amat sangat biasa, namun dibalik sampul yang biasa itulah,bakat luar biasa mereka tersimpan..

Dimulai dari si A, dengan kesan pertama yang yang terlihat amat meninggikan premanisme, tak tau apa2, jangkung, wajah sangar. Tapi dibalik itu, punya kemampuan buat mengkritisi sesuatu diluar batas kewajaran(meskipun kadang ngalor ngidull)..bisa bikin dosen jadi agak speechless cuma buat ngejawab pertanyaannya..Dan menurut gue, itu bukan bakat yang biasa..

Ada si B, bocah yang terkesan tak tau apa2, dipelajaran apapun dia terlihat amat sangat tak menonjol, nothing special, di mata gue, dia cuma bocah gak tau apa2 dengan wajah super polos. Seperti itu tanggapan gue, sampe gue iseng2 buat buka notebooknya dan ngebaca tulisan2nya..ada banyak sajak dan puisi disitu, dan sama sekali gak bisa dibilang karya picisan, sihir kata2nya sukses bikin semua bulu gue merinding, dari bulu hidung sampe bulu ketek.."indah" hanya itu kata yang yang tepat untuk menggambarkan semua karyanya.Sejak saat itu gue gak pernah ngeremehin si B lagi..

Ada si C,yang ada dikepala gue, si C adalah bocah yang gaptek. Sampe dia unjuk kebolehan buat bobol akses internet gretongan, dengan settingan yang ribet abiss, gue yang gak tau apa2 jadi malu abiss..

Atau si D, si wajah lugu yang setiap dosen masuk cuma bisa minjem hape gue buat maen game CTR, tapi eh giliran ada sesi tanya jawab, dia bisa tiba2 berhenti maen trus angkat tangan,trus membuat pernyataan yang waw..yah, meskipun lebih sering dilandasi oleh ke-sotoy-an stadium 4,tapi cukup ampuh untuk mngundang riuh tepuk tangan, gilak, bahkan sambil maen game pun si kunyug yang satu ini teteup bisa merekam semua explain si dosen..

Ada juga si E, dengan kesan pertama pintar,jenius, selalu pasang muka serius disetiap saat. Tapi, setiap ada tugas kuliah, selalu ngeluarin jurus kata2 andalannya "Phii..tugas loh dah kelar blom?? bagi donk !!"...GUBRAK, malu dikit kek sama tampang jenius lo ntu *yang ternyata menyimpan bakat nyontek yang ruarr binasa*..

Dan maaaasiiihh banyak lagi manusia ajaib yang gak bisa gue describe satu satu..intinya, ditengah orang2 ini, gue bener2 jadi merasa gak ada apa2nya, hanya sekedar bocah gembel bodoh yang gak punya apapun buat dibanggakan...dan ditengah manusia ajaib ini pula,gue belajar kalo penampilan bukan segalanya..penampilan bisa menipu, dan penganut paham first impression tak lebih dari sekedar manusia manusia apatis..bahwa fisrt impression hanyalah bullshit yang dilahirkan oleh otak2 individualis...hhaha..lebay+sok banget yah gue ngomongnya..

Tapi bukan hal yang mudah mengubah sudut pandang ini..

Gue cuman ngarep, suatu saat nanti, wejangan "don't judge a book by the cover" bisa benar2 diterapkan oleh semua makhluk yang menganggap dirinya "manusia"..ckckck..piss meenn..

1 comment:

arqu3fiq said...

Hebat ya Pie temen-temen kamu, apalagi yang nulis blog ini tambah hebat, terus berjuang kawan, karya-karyamu bagus sangat menghibur.